Jumat, 07 September 2012

This is Drag


LIMA MOTOR DRAG TERCEPAT DI INDONESIA

drag bike

drag bike
Kali ini drag bike kembali diselenggarakan di kota apel, malang. Lomba di dataran tinggi serta temperatur yang lebih dingin menjadikan motor memerlukan set up anyar. Mekanik-mekanik jawa tengah, terutama dari semarang tampaknya mampu beradaptasi dengan mudah, itu tampak dari motor yang dibawa pembalapnya membukukan waktu yang lebih cepat serta mulai banyak berubah. Tak mau kalah mekanik lokal dari malang tetap menjaga nama harum jawa timur, lewat pembalapnya Rizky Unyil mampu membukukan dua gelar juara. Ketatnya persaingan juga kembali memanas. Kali ini sang dragbiker nasional, Eko Chodox kembali ke jalur yang benar dan memborong tiga podium teratas, membuatnya tetap memegang gelar dragster handal. Berhubung adanya pembatasan kelas yang boleh diikuti setiap starter maka 3 buah piala no.1, serta 3 piala dari tiga besar podium sudah merupakan pencapaian cukup memuaskan. Namun ke depan ada kemungkinan sang maestro akan menyapu bersih semua gelar juara di tiap kelas yang ia ikuti. Kita tunggu saja

drag bike

drag bike
JAKARTA (DP) Drag bike belakangan semakin trend. Jangan heran jika nanti akan semakin banyak event adu kecepatan sepeda motor di track lurus ini. Mendatangi sejumlah event drag bike tingkat nasional di sejumlah kota, Dapurpacu.com tergelitik menggali informasi seputar drag bike, sepeda motornya, berikut antusiasmenya. Ketika banyak balap liar di jalanan dengan sepeda motor drag, induk organisasi pecinta motor, Ikatan Motor Indonesia (IMI) pun mengagendakan event balap drag bike beberapa tahun silam. Dan tiga tahun belakangan, antusiasmenya semakin membumi. Jumlah peserta balap drag bike pun melonjak tajam dengan banyaknya tim yang ikut serta. Menurut Helmy Sungkar, promotor di sejumlah event drag bike, antusiasme mulai menunjukkan trend positif. Bahkan lima seri yang digelar selama 2010 dirasa kurang dan bisa jadi ditambah lebih banyak. Talenta pebalap drag bike di Indonesia memang semakin berkembang. Dengan banyaknya event, diharapkan balap liar yang notabene kurang aman bisa diarahkan ke jalur yang benar. Di sinilah ajang sesungguhnya kalau ingin adu cepat, kata Helmy kepada Dapurpacu.com di sela-sela event balap drag bike di Sentul, beberapa waktu lalu. Memang, seiring dengan semakin banyaknya pecinta balap sepeda motor drag, IMI Pusat harus terus menyosialisasikan soal peranti safety. Banyak kalangan menyebut meski sudah dilengkapi beberapa peralatan keselamatan di sekujur tubuh pebalap drag bike yang turun di lintasan resmi, masih banyak kekurangan yang memungkinkan pebalap mengalami celaka. Kalau di tim kami, soal safety itu lebih penting daripada gengsi. Mungkin banyak pebalap atau joki merasa risih pakai peralatan lengkap, tidak seperti ketika mereka main di trek liar. Namun kami selalu berusaha mematuhi peraturan, kata Johansyah, pemilik tim balap drag bike Nazar Bike dari Jakarta.

drag bike

drag bike
JAKARTA (DP) – Di Indonesia, komunitas sepeda motor drag sendiri lahir dari balap jalanan. Jangan dipikir drag bike yang dipakai berspesifikasi besar, canggih, dan elegan seperti kebanyakan event drag bike di luar negeri. Bentukan sepeda motor drag (dragster) di sini lebih ke arah minimalis, atau boleh dibilang kerempeng dan minim perkakas. Cukup ‘tulang’ dan ‘jeroan’ saja. Menurut Harri Novrian, pemilik bengkel modifikasi drag bike di bilangan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, sepeda motor drag di Indonesia memang mengadopsi aliran ‘bersih’. Artinya, sepeda motor yang dipakai drag bike haruslah sangat enteng. Sebisa mungkin tidak ada aksesoris yang nggak penting, ujarnya. Kuncinya, untuk membuat sepeda motor drag haruslah memiliki konsep chassis yang tepat. Jika chassis tidak asli tidak kompeten. Pemilik dan bengkel tidak segan untuk mendatangkan sasis baru meski harganya mahal. Satu chassis impor dari Jepang atau AS bisa berbanderol Rp 10-25 juta. Jika kurang enteng, pemilik siap melubangi chassis. Kaki-kaki yang enteng, mesin berspesifikasi balap, perubahan posisi duduk, setang jepit, hingga ban khusus drag adalah wajib hukumnya. Dengan pemangkasan ini, bobot dragster berkurang drastis. Jangan heran kalau penyusutan beratnya bisa mencapai 40-50%. Pokoknya harus ringan, tapi nggak mengangkat saat digeber. Itu yang sulit, beber Harri. Untuk proses ini, rata-rata bengkel membutuhkan waktu sekitar 3-5 bulan. Tak penting sebuah tampilan, yang jelas dragster harus menyandang predikat enteng.

Profil benkel-bengkel Specialis ternama Jakarta dan sekitarnya

1. Nama Bengkel      : Yan's mocin
    Alamat                   : Desa sukamanah,kec jambe Tangerang
     Berdiri                  : Tahun 2007
     Nama mekanik    : Yan's Mocin
http://www.facebook.com/profile.php?id=100000666141610
      Joky                       :   ------------------

            Foto mekanik Yan's



           Kondisi bengkel

Hasil karya bengkel (Kirana Putri keraton)



2 . Nama Bengkel       : Bontot Jaya Motor (BJM)
     Alamat lama           : jln amal 1 pondok bambu
     Alamat baru            : cipinang (dekat apartemen cipinang)
     Nama mekanik       : robby
http://www.facebook.com/profile.php?id=1582211160
      joky                        : -------------------
       Berdir                   :   ----------------



     Foto mekanik Robby Bontot


   Foto bengkel belum tersedia


   Foto hasil karya bengkel


3.  Nama Bengkel             :  CRM MOCT
      Alamat Bengkel          :  Komplek Benua Pasar baru Tangerang
      Nama Mekanik          : Mang Endy / Rohendi
      Joky                            : wage dan kiki
       Berdiri                       : tahun 2005

       Foto mekanik blm tersedia

                 Foto bengkel  

          
    Foto Hasil karya Bengkel


4. Nama bengkel               :  VOCUS  maju- motor
    Alamat bengkel             :  JL. LAYUR RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR
    Berdiri sejak                 : ------------
    Nama mekanik             : Untung
    Joki                               :  Tilil


      Foto mekanik


      foto bengkel belum tersedis
          
          Foto hasil karya bengkel                 

 5.  Nama bengkel      : D2M
      Alamat                  : Jl. Kavin No.1 Kalimalang, Pondok Kelapa, Jakarta Timur  
      Nama mekanik    : Didi Nurhadi
      Joki                      :----------------------

                                                                  Foto bengkel


                                                             foto hasil karya Bengkel



6. Nama bengkel       :  CLINIC MOTOR
   Alamat                   :  Jl.Squadron No,14 kelurahan Makasar halim jakarta timur
   mekanik                 :  komeng
   berdir sejak            :  2008
   Joki                        : ------------------------------

                                                                       Foto mekanik

                                                        foto bengkel dan hasil karya



7. Nama bengkel               : AHON SMS (Surya Motor Sport)
    Alamat bengkel             : JL.RAYA CITAYEM-DEPOK
    Berdiri sejak                 : ------------
    Nama mekanik              :AHON /Herman Lo
    Joki                                : ------------

Foto mekanik

                                                                    Foto bengkel



Read more: http://infobalapliarjakarta.blogspot.com/2012/01/profil-benkel-bengkel-ternama-jakarta.html#ixzz25nJU3P1q

Teknik Bikin "Drag Bike"

  • Sumber : - | Author : KompasOtomotif
    berbagai jenis modifikasi motor drag siap besut
  • Sumber : - | Author : KompasOtomotif
    Sasis dan mesin menjadi poin utama agar motor kencang.
  • Sumber : - | Author : KompasOtomotif
    Bobot berkurang hingga 50 % untuk menambah laju kendaraan
Jakarta, KompasOtomotif – Drag bike yang sedang ngetren dan banyak wadah untuk balapan, membuat penyuka kecepatan dan bengkel ingin berpartisipasi. Kenyataannya, drag bike tidak hanya dipakai untuk balap, juga sekadar penampilan sehari-hari. Alhasil, sepeda motor standar pun siap berubah wujud jadi lebih kerempeng, ciri khas sepeda motor kencang itu.

Menurut Harri Novrian, pemilik bengkel drag bike di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, spesifikasi drag bike di Indonesia termasuk minimalis. Tidak perlu canggih seperti di luar negeri. ”Kalo boleh dibilang, sepeda motor diubah seringan mungkin. Bagian yang ntidak penting, dibuang saja supaya nggak nambah beban,” jelasnya.

Sederhananya, untuk mengubah sepeda motor menjadi model drag bike, bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Pertama,sasis!  Bila dirasa tidak sesuai dan kurang ringan, bisa diganti dengan yang baru. Inilah salah satu yang menghabiskan biaya. Kalau versi impor dari Jepang, sasis drag bike bisa mencapai Rp 10-25 juta.

Untuk kaki-kaki, pilihlah sokbreker yang sesuai dengan ukuran sepeda motor. Ukuran ban juga disesuaikan, yaitu  50/90 untuk depan,dan 60/80 buat bagian belakang.Diameter pelek harus diperkecil, karena berhubungan dengan mesin yang akan di-bore up.

”Hitungannya berbeda kalau diameter ban nggak cocok. Semakin besar kapasitas, diameter ban diperkecil karena harus menggunakan perbandingan gigi yang tepat,"  terang Harri.

Agar bertenaga, mesin wajib dioprek. Penggantian biasanya dilakukan pada noken as, piston, karburator, kabel busi dan beberapa komponen lain dengan spesifikasi balap. Memperbesar langkah dan diameter piston (termasuk silinder) serta  perbandingan transmisi. Tak kalah penting.  perrbandingan gigi akhir merupakan faktor penting untuk meningkatkan performa.
Setelah bodi ringan, kaki-kaki oke, dan mesin  gahar, selanjutnya adalah settingan sepeda motor sesuai bodi dan gaya si penunggang. Misalnya dengan pemakaian setang jepit, pijakan kaki baru, hingga jok datar dan tanpa tambahan busa (jadi tidak nyaman).

Menurut Harri, kemungkinan biaya akan berada di kisaran Rp 3-5 juta untuk yang murah, dan Rp 5-20 juta untuk spesifikasi heboh. ”Kalau ingin murah ,modif  sepeda motor matik saja. Pasalnya,  tidak perlu repot mengganti  gigi-gigi transmisi  yang mahal. Cukup  mempeerbesar diameter silinder dan memperpanjang langkah",” ujarnya.

Untuk tampilan, bisa disesuaikan dengan selera. Selanjutnya, drag bike versi rumahan pun siap dibesut, asal dipakai di wadah yang benar dan tidak lupa mengutamakana keselamatan. 

Clinic Motor : Kliniknya Skuter Matik


Clinic Motor : Kliniknya Skuter Matik

Clinic Motor : Kliniknya Motor Matik
Kalau urusan ngobatin penyakit skuter matik, bengkel yang satu ini gak perlu diragukan lagi kredibilitasnya. Mulai dari service rutin sampai ngurusin motor balap, Clinic Motor emang jagonya. Ya, seperti namanya, Clinic Motor, yaitu tempat berobatnya motor-motor matik.
Bengkel yang berlokasi di Jl. Squadron No.14, Kelurahan Makassar Halim, Jakarta Timur ini, lebih memfokuskan pekerjaan pada sekuter matik untuk drag race dan road race. Namun demikian, pengerjaan atau service diluar motor matik tetap dikerjakan.
“Bengkel ini berdiri sejak 2008 dan lebih memfokuskan pada motor matik. Tapi untuk melayani perbaikan motor lain pun bisa,” papar Deny Mansur pentolan Clinic Motor.
Kendati baru berusia 2 tahun, namun sesungguhnya para personel Clinic Motor adalah pemain lama. Pasalnya sebelum Clinic Motor berdiri, Komeng sapaan akrab Deny Mansur pernah punya bengkel di kawasan Kampung Berlan, Matraman Jakarta-Timur pada tahun 2002 silam yang dikenal dengan sebutan BBC, alias Bengkel Bang Chomenk.
Setelah sempat vakum pada 2005 hingga 2006, Komeng bekerja dari satu bengkel ke bengkel lain. Bahkan dirinya sempat memperdalam ilmu tentang otomotif roda dua di Robby Bontot.
Di dunia balap, nama Clinic Motor dipandang bukanlah sebagai bengkel drag atau road race kemaren sore, walau sesungguhnya Clinic Motor baru lahir pada Agustus 2008 silam. Pasalnya, ratusan piala dari berbagai kejuaraan nasional pernah disabet bengkel tempat berobatnya motor matik ini.
“Sejak 2008 gw lebih fokus ke motor road race khususnya skutik. Gw udah males main di balap liar. Bawaannya panas,” papar lelaki kelahiran Jakarta 27 tahun silam ini.
Menurut lelaki belasteran Jawa-Sunda ini, dirinya mulai main di balap matik sejak Yamaha Mio keluar pertama kali. Motor Mio miliknya dijadikan kelinci percobaan untuk mendapatkan setingan yang pas. “Butuh setahun gw memperlajari dan mengoprek Mio gw untuk mendapatkan formula gubahan mesinnya,” kata lelaki berperaawakan kurus ini.
Dari hasil eksperimen pada Yamaha Mio miliknya, Clinic Motor kini dibanjiri pesanan skutik balap dari berbagai daerah. Pasiennya bukan hanya dari Jakarta, tapi Sumatera hingga Papua.
“Kalo untuk kohar, service rutin, semua jenis motor kita kerjain. Biasanya pasiennya mayoritas wilayah Jakarta. Kalo untuk balap, pasiennya datang bukan hanya dari Jakarta saja, banyak juga dari luar Jakarta seperti Riau, Padang, Bangka, Makassar sampai Papua,” pungkas lelaki lulusan STM jurusan Listrik yang kini telah memasuki smester lima di UNIAT jurusan IT.
Kalau urusan ngobatin penyakit skuter matik, bengkel yang satu ini gak perlu diragukan lagi kredibilitasnya. Mulai dari service rutin sampai ngurusin motor balap, Clinic Motor emang jagonya. Ya, seperti namanya, Clinic Motor, yaitu tempat berobatnya motor-motor matik.
Bengkel yang berlokasi di Jl. Squadron No.14, Kelurahan Makassar Halim, Jakarta Timur ini, lebih memfokuskan pekerjaan pada sekuter matik untuk drag race dan road race. Namun demikian, pengerjaan atau service diluar motor matik tetap dikerjakan.
“Bengkel ini berdiri sejak 2008 dan lebih memfokuskan pada motor matik. Tapi untuk melayani perbaikan motor lain pun bisa,” papar Deny Mansur pentolan Clinic Motor.
Kendati baru berusia 2 tahun, namun sesungguhnya para personel Clinic Motor adalah pemain lama. Pasalnya sebelum Clinic Motor berdiri, Komeng sapaan akrab Deny Mansur pernah punya bengkel di kawasan Kampung Berlan, Matraman Jakarta-Timur pada tahun 2002 silam yang dikenal dengan sebutan BBC, alias Bengkel Bang Chomenk.
Setelah sempat vakum pada 2005 hingga 2006, Komeng bekerja dari satu bengkel ke bengkel lain. Bahkan dirinya sempat memperdalam ilmu tentang otomotif roda dua di Robby Bontot.
Di dunia balap, nama Clinic Motor dipandang bukanlah sebagai bengkel drag atau road race kemaren sore, walau sesungguhnya Clinic Motor baru lahir pada Agustus 2008 silam. Pasalnya, ratusan piala dari berbagai kejuaraan nasional pernah disabet bengkel tempat berobatnya motor matik ini.
“Sejak 2008 gw lebih fokus ke motor road race khususnya skutik. Gw udah males main di balap liar. Bawaannya panas,” papar lelaki kelahiran Jakarta 27 tahun silam ini.
Menurut lelaki belasteran Jawa-Sunda ini, dirinya mulai main di balap matik sejak Yamaha Mio keluar pertama kali. Motor Mio miliknya dijadikan kelinci percobaan untuk mendapatkan setingan yang pas. “Butuh setahun gw memperlajari dan mengoprek Mio gw untuk mendapatkan formula gubahan mesinnya,” kata lelaki berperaawakan kurus ini.
Dari hasil eksperimen pada Yamaha Mio miliknya, Clinic Motor kini dibanjiri pesanan skutik balap dari berbagai daerah. Pasiennya bukan hanya dari Jakarta, tapi Sumatera hingga Papua.
“Kalo untuk kohar, service rutin, semua jenis motor kita kerjain. Biasanya pasiennya mayoritas wilayah Jakarta. Kalo untuk balap, pasiennya datang bukan hanya dari Jakarta saja, banyak juga dari luar Jakarta seperti Riau, Padang, Bangka, Makassar sampai Papua,” pungkas lelaki lulusan STM jurusan Listrik yang kini telah memasuki smester lima di UNIAT jurusan IT.
CLINIC MOTOR
Jl. Squadron No.14, Kelurahan Makassar – Halim.
Jakarta Timur
021 92227006



Kejuaran motor drag

Memacu motor dengan kecepatan tinggi dalam waktu yang singkat menjadi tantangan tersendiri, untuk dapat memacu motor dengan kecepatan tinggi dibutuhkan ketepatan perhitungan pengemudinya, tidak hanya ketangguhan motor. Kejuaraan motor drag merupakan ajang yang tepat untuk menyalurkan hobby balapan yang seperti ini. Selain mengasah kemampuan dan naluri berkendara, dengan mengikuti kejuaraan ini juga bisa mendapatkan pengalaman yang berharga.
Di setiap wilayah sering mengadakan kejuaraan drag, seperti kejuaraan motor drag Bandung. Tidak pernah kekurangan peserta, bahkan penonton yang sekedar ingin tahu juga tidak kalah banyaknya. Karena arena yang diperlukan berupa jalur lurus, maka dari itu tidak sedikit arena yang bisa dijadikan ajang drag motor ini.
Beda di Bandung beda pula di Jakarta, di Jakarta lebih terkenal dengan motor drag Kemayoran, siapa yang tidak tahu wilayah ini, menjadi ciri khas balapan drag di Jakarta. Setiap wilayah memang memiliki aturan tersendiri. Asal tidak dilakukan secara ilegal dan mengutamakan keselamatan, kegiatan ini didukung secara positif.
Untuk motor drag Lampung yang banyak peminatnya, bahkan ada beberapa komunitas pencinta motor drag disini, balapan jenis ini juga sangat menarik perhatian pemuda setempat. Jika melihat motor drag pasti langsung mengenali karena memiliki ciri tersendiri.
Motor drag Palembang juga tidak mau kalah, setelah sering mengadakan kejuaraan bahkan sampai kejuaraan motor matic, tidak diragukan lagi jika penggemar drag disini tak sedikit, tak bisa dianggap remeh untuk wilayah lainnya.
Memang kejuaraan drag ilegal sering menjadi masalah dan juga memakan banyak korban jiwa, untuk itulah diperlukan sebuah kompetisi yang legal sebagai tempat menyalurkannya. Keamanan juga selalu menjadi faktor utama bagi pengendaranya, seperti helm, jaket dan celana juga sepatu.
Balapan jenis ini juga memerlukan seorang mekanik yang handal, tidak sembarang mekanik bisa memodifikasi motor menjadi motor drag yang sesuai dengan keinginan. Kemampuan mekanik menganalisa dan memodifikasi mesin motor merupakan faktor utama selain pengendara yang memang harus bisa menyesuaikan dengan kendaraannya. Maka tidak jarang seorang pembalap drag memiliki motor dan juga mekaniknya sendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar